You are currently viewing Tingkatkan Pelayanan Publik dengan SP4N-LAPOR, Diskominfo Natuna Gelar Rapat Monev Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

Tingkatkan Pelayanan Publik dengan SP4N-LAPOR, Diskominfo Natuna Gelar Rapat Monev Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dalam hal Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna (Diskominfo Natuna) menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat ( SP4N-LAPOR), bertempat di Gedung Srindit Ranai, Senin, 26/02/2024.

Acara di buka secara langsung oleh Bupati Natuna Wan Siswandi.

Dalam sambutannya Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan monitoring dan evaluasi kinerja adalah agar bisa mencari titik kelemahan sebagai evaluasi kedepan agar menjadi lebih lagi kedepannya dalam kinerja.

“Hari ini kita akan melaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi mengenai kinerja kita yang telah kita lakukan di tahun lalu, di mana tahun lalu masih banyak kelemahan-kelemahan dan kekurangan, dari kelemahan dan kekurangan ini akan jadi bahan evaluasi kita kedepannya agar kinerja kita lebih baik lagi kedepannya,” ucapnya

Wan Siswandi menyampaikan SP4N-LAPOR adalah pengawas program prioritas nasional sebagai media pengawas pelayanan publik.

“Mengenai SP4N-LAPOR sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik. SP4N-LAPOR! adalah pengelolaan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan pelayanan publik secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik masyarakat,” jelasnya

Beliau juga menyampaikan bahwa melalui SP4N-LAPOR masyarakat bisa menyampaikan pengaduan kepada dinas-dinas terkait.

“Melalui SP4N-LAPOR masyarakat sekarang sudah bisa langsung melakukan intervensi untuk menilai melalui pengaduannya. Pengaduan itu bermacam-macam, dimana sekarang masyarakat bisa melaporkan aduan ke dinas-dinas terkait yang ingin di adukan terkait permasalahan yang ingin di laporkan. Ini sebagai media penyampaian aspirasi masyarakat terkait kinerja pemerintah,” ucapnya

Diakhir sambutannya Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan harapan melalui rapat monitoring dan evaluasi SP4N-LAPOR akan membuat kinerja Pemerintah sebagai pelayan publik menjadi lebih baik.

“Melalui pengelolaan pengaduan pelayanan publik ini akan membuat kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna sebagai pelayan publik menjadi lebih baik kedepannya,” tutupnya

Sementara dalam kesempatan yang sama Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna Bapak Ikhwan Solihin menyampaikan tujuan rapat monitoring dan evaluasi SP4N-LAPOR.

“Adapun tujuan monitoring dan evaluasi SP4N-LAPOR ini adalah penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik. Penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan. Meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ucapnya

Diskominfo/Sadria